Jumat, 31 Mei 2013

Pengertian Piracy


Piracy adalah Pembajakan perangkat lunak (software) Contoh: Pembajakan software aplikasi (contoh:Microsoft),lagu dalam bentuk digital (MP3, MP4, WAV dll).
KeuntunganBiaya yangharusdikeluarkan (user) relativemurah sedangkan kerugian dari piracy jelas sangat merugikanpemilikhakcipta(royalti)secara moral,hal ini merupakan pencurian hak milik orang lain.Solusinya adalah gunakan software aplikasi open source, Undang – undang yang melindungi HAKI : UU no 19. tahun 2002
Apa itu release group?Sebuah release group dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang mengeluarkan versi bajakan dari aplikasi software, games, film, atau musik di internet. Biasanya release group memakai IRC (Internet Relay Chat) sebagai sarana untuk berkomunikasi satu sama lain. Jumlah anggota dari sebuah release group bervariasi, beberapa release group ada yang terdiri dari 5 orang, sedangkan lainnya mungkin ada yang sampai 20 orang. Kebanyakan anggota tidak saling mengenal satu sama lain dalam kehidupan nyata. Kepercayaan adalah faktor yang sangat penting. Dikarenakan kegiatan release group tersebut illegal, para anggotanya 'harus' bisa untuk saling mengandalkan. Jika seorang anggota ditangkap oleh yang berwajib, anggota-anggota lainnya juga akan berada dalam bahaya, jadi faktor keamanan memiliki prioritas yang tinggi. Mereka hanya berbicara, misalnya, lewat private IRC server dan berhubungan dengan website mereka melalui proxy agar IPmerekatidak ketahuan.





Berikut hirarki sebuah release group?Di dalam release group,setiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing.
1.                  Leader
Pemimpin sebuah release group adalah sang 'boss'. Dia yang memberikan arahan bagirelease group. Sang pemimpin bukanlah diktator, karena tidak menentukan semuanya sendirian.Dia juga harus menjaga kebersamaan anggota release group dan mengusahakan agar setiap anggota merasapuas.
2.                  Supplier
Supplier adalah orang yang menjadi sumber barang bajakan.Dia seringkali punya akses untuk software, film, musik atau lainnya yang belum diluncurkan secara resmi, tapi itu tidak mutlak.Mungkin juga supplier itu adalah seseorang yang diam-diam merekam film di dalam bioskop.Sedangkan supplier lainnya bisa jadi bekerja untuk produsen DVD, majalah yang mengulas DVD, atau toko DVD. Supplier tersebut lalu memberikan software, film atau musik kepada anggota lain dari release group.
3.                  Cracker
Pekerjaan cracker adalah menembus pengamanan.Tidak semua release group mempunyai cracker. Cracker adalah orang yang mengerti tentang programming yang dibutuhkan untuk me-release aplikasi, games dan sejenisnya. Seringkali mereka menyertakan program tertentu seperti keygen atau no-CD crack pada hasil bajakan mereka.
4.                  Encoder
Encoder bekerja menguraikan dan mengkonversi film supaya pas dengan web.Mereka diperlukan untuk me-release film/DVD.
5.                  Packager
Pekerjaan packager adalah 'mengepak' hasil bajakan serta menambahkan file-file dan informasi penting.



6.                  Courier
Courier mempersiapkan dan menyebarkan hasil bajakan ke seluruh dunia melalui 'FTP (File Transfer Protocol).
Lima macam bentuk pembajakan perangkat lunak :
1.      Memasukan perangkat lunak ilegal ke harddisk
2.      Softlifting, pemakaian lisensi melebihi kapasitas
3.       Penjualan CDROM illegal
4.      Penyewaan perangkat lunak illegal
5.      Download illegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman